Berita  

BJB Biayai Bupati Purwakarta Plesiran Ke Yogyakarta, Gunakan Dana Apa?

Avatar photo
Aktivis Minta Bank BJB Segera Klarifikasi Soal Biaya Plesiran Bupati Purwakarta ke Yogyakarta
Kegiatan perpisahan ASN di Purwakarta yang masuk masa pensiun yang digelar di Yogyakarta. Foto: Istimewa.

Porosmedia.com, Purwakarta – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama rombongan pejabat eselon II dan eselon III dikabarkan plesiran ke Yogyakarta. Bupati dan rombongan pejabat itu berangkat dari Purwakarta sejak Jumat, 14 Oktober 2022 kemarin.

Menurut informasi, kegiatan Bupati Purwakarta dan rombongan pejabat tersebut pergi ke Yogyakarta bukan untuk urusan pekerjaan, melainkan hanya untuk menghadiri acara pesta perpisahan pejabat yang tahun ini memasuki masa pensiun.

Kegiatan tersebut juga dikabarkan dibiayai oleh Bank BJB Cabang Purwakarta. Bank plat merah itu membiayai acara di Yogyakarta mulai dari transportasi, penginapan dan sebagainya.

Melansir dari Lensapurwakarta.com, ada salah satu sumber yang membenarkan soal acara pesta perpisahan ASN yang akan pensiun itu. Ia juga menyebutkan bahwa acara tersebut digelar di Hotel Tentrem Yogyakarta.

“Iya, bupati, Kepala OPD, Asda, Staf Ahli, camat dan sejumlah Kabag juga hadir,” ucap sumber tersebut yang juga turut hadir dalam pesta perpisahan itu, Minggu 16 Oktober 2022.

Dia juga mengakui jika kegiatan tersebut bukan acara kedinasan resmi. Melainkan, hanya untuk pesta perpisahan sejumlah Kepala OPD dam camat yang sudah memasuki masa pensiun.

Baca juga:  Kamalludin : Dirut BJB Menghambat Sidang Peradilan Gugatan Pemecatan

“Kita ke Yogyakarta hanya sekedar memeriahkan rekan-rekan yang pensiun saja,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Gerakan Moral Masyarakat Purwakarta (GMMP) Hikmat Ibnu Aril, menyayangkan dengan adanya kegiatan bupati beserta rengrengannya yang Plesiran ke Yogyakarta. Apalagi, kegiatan itu hanya sekedar pesta perpisahan pensiunan.

“Urgensi dari kegiatan itu apa? Sangat ironis di saat masyarakat masih kesulitan ekonomi akibat dampak Covid-19, ini pejabat Purwakarta yang dipimpin bupati malah plesiran,” ujar Aril.

Aril mengaku heran, untuk apa dan darmana sumber anggaran yang diberikan BJB untuk gelaran acara tersebut.

“Apalagi, plesiran itu didanai oleh Bank BJB. Ini sangat aneh. Sumber dana BJB dari mana, apakah CSR? Kalau CSR, kenapa harus membiayai kegiatan pesta perpisahan pejabat. Jelas tidak sesuai peruntukkannya.

Jika ini adalah langkah marketing untuk menyasar uang pensiunan ASN, sambungnya, berarti Bank BJB terindikasi memberikan gratifikasi kepada bupati dan pejabat negara lainnya. Karena sudah memberikan fasilitas dan lainnya dalam kegiatan plesiran itu.

“Ini tak bisa dibiarkan. APH harus segera turun dan mengusut kegiatan ini,” tegas Aril.

Baca juga:  Bupati Purwakarta Ambu Anne dan Kadisdik Purwanto Kunjungi SMP Negeri 2 Sukasari, Purwakarta

Sementara Kepala Cabang BJB Purwakarta, Mulyana saat dikonfirmasi awak media melalui pesan WhatsApp pada Jumat 15 Oktober 2022, hingga saat ini belum memberikan jawaban.