Berita  

Biofarma dan Jasa Tirta II Sediakan Ribuan Paket Sembako di Pasar Murah dan Bazaar UMKM di Purwakarta

Avatar photo
Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri pasar murah BUMN di Purwakarta.

Porosmedia.com, Purwakarta – Biofarma dan Jasa Tirta II sediakan 5 ribu paket sembako pada kegiatan Pasar Murah dan Bazaar UMKM di Kabupaten Purwakarta beberapa waktu lalu.

Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM Bio Farma I.G.N. Suharta, Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Diketahui, kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dengan Biofarma dan Jasa Tirta II sebagai penyelenggara acara. Sementara IDFood pada kegiatan tersebut sebagai penyedia sembako. Pasar Murah dan Bazaar UMKM digelar di areal luar sekitaran stadion Purnawarman pada hari Jumat, 23 September 2022.

Turut hadir dalam acara tersebut, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Kapolres Purwakarta, Dandim 0619 Purwakarta, Kajari Purwakarta, Direksi Jasa Tirta II, VP Corporate Secretary & Investor Relations PT Bio Farma, Kadiv TJSL Biofarma, dan Kadiv Umum dan TJSL Jasa Tirta II.

Sementara, pasar murah kali ini menjual paket sembako yang terdiri dari 5 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir dan 1 liter minyak goreng yang harganya senilai Rp. 90 ribu namun di pasar murah ini hanya dijual dengan harga Rp. 55 ribu per paket. Harga tersebut pastinya sangat diminati masyarakat, apalagi harganya begitu jauh rendah dari harga pasar.

Baca juga:  Luhut: Penetapan Harga Tiket Candi Borobudur Merupakan Hasil Studi dengan UNESCO

Para Millenial BUMN juga ikut dilibatkan dalam gelaran Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM Purwakarta dengan ikut membagikan 5 ribu sembako kepada masyarakat.

Dilibatkan nya kaum milenial kegiatan -kegiatan sosial yang digelar BUMN diharapkan dapat meningkatkan kepedulian sosial anak muda sekaligus meningkatkan kolaborasi para generasi BUMN.

Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso mengatakan kegiatan ini bertujuan membantu meringankan ekonomi sebagian masyarakat yang terdampak pandemi dan kenaikan inflasi.

Dikatakan, masyarakat juga antusias menyambut baik adanya kegiatan Pasar Murah di Purwakarta ini, hak itu terbukti dengan terjualnya sebanyak 5 ribu paket sembako pada kegiatan tersebut.

“Selain kegiatan Pasar Murah, ada juga Bazaar UMKM yang menghadirkan UMKM untuk menjajakan produk-produk lokal unggulannya. Dalam kegiatan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan langsung NIB (Nomor Induk Berusaha) bekerja sama dengan Menteri Investasi dan Koperasi kepada pelaku UMKM. NIB ini dapat mengakses permodalan dan juga BUMN akan melakukan pendampingan agar mereka tetap bisa tumbuh,” kata Imam Santoso Selasa 27 September 2022.

Baca juga:  Mengenal Makna dari Slogan 'Istimewa' Dalam Pembangunan di Purwakarta, Ini Kata Dedi Mulyadi

Menurutnya UMKM perlu didukung karena merupakan ujung tombak ekonomi Indonesia karena mayoritas masyarakat termasuk lapangan pekerjaan juga diciptakan dan dilahirkan oleh pelaku UMKM.

Sementara itu, dalam dialog bersama UMKM Binaan BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir memberikan arahan kepada UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas seluruh UMKM.

Erick Thohir menyebut Bazaar UMKM dapat digunakan sebagai sarana pemasaran produk-produk UMKM dan meningkatkan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Selain itu, Menteri BUMN juga memberi bantuan alat kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang diterima langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam sambutannya juga menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian BUMN selama ini terhadap masyarakat Purwakarta apalagi dalam menghadapi pandemi dan inflasi yang saat ini sedang terjadi.