Berita  

Bawaslu Purwakarta Gelar Rakor Pembentukan Panwaslu Kelurahan dan Desa

Avatar photo
Bawaslu Purwakarta Gelar Rakor Pembentukan Panwaslu Kelurahan dan Desa
Foto: Rakor Pembentukan Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD) yang digelar Bawaslu Purwakarta, di aula Kelurahan Cipaisan, Purwakarta, Selasa 10 Januari 2023.

Porosmedia.com, Purwakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta menggelar rapat koordinasi dengan para Ketua Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se- Kabupaten Purwakarta.

Rakor yang digelar di Aula Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta pada hari Selasa 10 Januari 2023 ini diketahui dilaksanakan dalam rangka pembentukan Panwaslu Kelurahan dan Desa atau PKD.

Mengenai pembentukan PKD ini, Koordiv SDM Organisasi dan Diklat pada Bawaslu Purwakarta, Jejen Supriadi menyebut sebelumnya pihaknya telah mensosialisasikan sejumlah tahapan dalam pembentukan PKD ini melalui berbagai platform media sosial hingga media massa ada juga sebaran informasi yang disebarkan ke desa-desa.

“Kemarin tertanggal 9 Januari kami sudah mensosialisasikan ke masyarakat, jadi dari tanggal 9 sampai dengan tanggal 13 Januari tahun ini kami baru memasuki tahap pengumuman,” ujar Jejen, Selasa 10 Januari 2023.

Kemudian, kata dia, tahapan proses pendaftaran dan penerimaan berkas calon panwas kelurahan dan desa mulai dilaksanakan di tanggal 14 sampai dengan 19 Januari 2023.

Dikatakan dalam pembentukan PKD ini tidak ada tes CAT bagi para pendaftar. “Berbeda dengan rekrutmen PPS yang ada di KPU yang menggunakan CAT, kalau ini hanya dilakukan wawancara bagi para calon PKD yang administrasinya sudah lengkap,” jelasnya.

Baca juga:  Hasil Uji Petik Data Pemilih, Bawaslu Purwakarta Temukan Banyak Orang Mati Masih Miliki Hak Suara

Ia juga mengatakan tahapan wawancara bagi calon PKD ini dilakukan pada tanggal 31 Januari sampai dengan tanggal 2 Februari 2022. “Setelah wawancara itu kemudian ada penetapan internal siapa yang terpilih kemudian akan diumumkan hasilnya pada 4 Februari 2022,” pungkasnya.