oleh

Asyik Menambang Garap Kawasan Hutan, POROS MUDA Sultra Soroti PT. KES

POROSMEDIA.COM – KENDARI: Tiada henti terjadinya perambahan kawasan hutan dibumi Anoa Sulawesi Tenggara yang kaya akan sumber daya alam ini. Investor terkesan kebal hukum, tak pernah tersentuh oleh penegak hukum.

Beberapa bulan yang lalu Bareskrim Polri sudah pernah melakukan police line terhadap aktivitas PT. Bososi Pratama dan menetapkan beberapa oknum petinggi diperusahaan tersebut.

Sejatinya, dengan kejadian yang menimpah PT. Bososi dan beberapa investor lainnya dapat menjadi pembelajaran bagi investor lainnya. Namun hal tersebut justru tidak menurunkan niat mereka untuk tetap melakukan penggarapan tambang bahkan dalam kawasan hutan.

Sebut saja PT. Kembar Emas Sultra (KES), perusahaan ini diduga menambang di dalam Kawasan Hutan tanpa mengantongi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). Hal itu dibeberkan oleh Ketua POROS MUDA Sulawesi Tenggara, Jefri Rembasa, S.T

Saat ditemui disekretariatnya, Bung Jeff, sapaan akrabnya membeberkan bahwa aktivitas PT. Kembar Emas Sultra dinilai sudah melanggar ketentuan perundang-undangan. Yang beroperasi di Kec. Langgikima Kab. Konawe Utara

“berdasarkan data yang kami miliki dan informasi beberapa instansi, PT. KES ini diduga keras telah melakukan penggarapan didalam Kawasan Hutan Produksi tanpa IPPKH”. Ujar Mantan Aktivis HMI Kendari ini

Masih Bung Jeff, PT. KES ini memiliki 2 Wilayah IUP. Dan keduanya belum mengantongi IPPKH bahkan sudah CNC Ke 7.

Pengurus TAMALAKI Sultra ini menambahkan bahwa dirinya akan segera melaporkan ke Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara agar oknum Mafia Tambang segera terungkap demi keadilan dan pemerataan penegakan hukum di republik indonesia.

“Segera kami akan laporkan di Kejaksaan Tinggi Sultra. Agar terungkap siapa dibalik semua itu”. Tutup Pengurus LIRA Sultra ini.

Sementara itu, Kabid Perencanaan dan Pemanfaatan Dinas Kehutanan Prov. Sultra Beni Raharjo membenarkan bahwa PT. Kembar Emas Sultra belum mengantongi IPPKH.

“iya, belum ada IPPKH nya atas nama PT. Kembar Emas Sultra”. Jelasnya.

*RED

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed